Partai Keadilan Sejahtera
Kota Malang

KulTwit Fahri Hamzah Tentang Ustadz Hilmi Aminuddin

1. susahnya karena saya terlalu banyak minat. Jadi saya bingung mau ngetweet apa.sebagai pengantar tidur saya tweet soal seorang ustadz saja 2. namanya ustadz Hilmi atau KH Hilmi Aminuddin. Beliau dianggap misterius karena tiba2 jadi pusat perhatian pengamat politik Islam di sini 3. para pengamat ingin tahu siapa dia sebenarnya

PKS Kota Malang1. susahnya karena saya terlalu banyak minat. Jadi saya bingung mau ngetweet apa.sebagai pengantar tidur saya tweet soal seorang ustadz saja

2. namanya ustadz Hilmi atau KH Hilmi Aminuddin. Beliau dianggap misterius karena tiba2 jadi pusat perhatian pengamat politik Islam di sini

3. para pengamat ingin tahu siapa dia sebenarnya dan ada apa dibalik kepemimpinannya sebagai ketua Majelis Syuro PKS…lembaga tertinggi PKS

4. orang menganggap dia tidak punya sejarah tapi kenapa tiba2 bisa memimpin lembaga legislatif partai Islam terbesar ini..apakah dia otentik?

5. saya menyarankan semua orang untuk berkenalan dengan beliau karena beliau suka bergaul dia menerima semua tamu yg mau berjumpa dan sharing

6. sempat nyantri di tebuireng (pesantrennya Gus Dur) yg sekarang dipimpin Gus Sholah (adiknya Gus Dur) sd tahun 1958 lalu sekolah kejuruan

7. tahun 70-an akhir sempat mengenyam pendidikan di saudi Arabia dan mendapat gelar dalam bidang syarial (Licence, Lc). Lalu pulang berdakwah

8. masa-masa itu adalah masa sulit. Karena gerakan masyarakat sipil sangat dibatasi. Orde baru melakukan represi luar biasa..sampai mid 90-an

9. di tengah situasi itulah ust Hilmi terus bergerak menghadapi represi negara, termasuk dgn mendekam dalam penjara sebagai tahanan politik..

10. kepada saya beliau pernah menceritakan berbagai penyiksaan yg diterima..saya sarankan beliau menulis buku, tapi beliau belum merespon

11. tapi, waktu memang obat mujarab..situasi dunia saat itu telah memungkinkan tumbuhnya semangat baru di kalangan pemuda utamanya kampus

12. di sanalah Ust Hilmi membangun jaringan kerja-nya bersama anak-anak muda yg juga marah dgn represi orde baru dan juga “global injustice”

13. bersemailah dakwah kampus sejak awal 80-an dan menjamurlah jilbab di awal 90-an beserta atribut Islam lainnya, Ini efek lain orde baru

14. lanjut soal Ustadz Hilmy, jadi gelombang reformasi 98 adalah kesempatan. Itulah yang dibaca oleh beliau dan beberapa senior yang ada

15. saya lupa ketemunya persis kapan..tapi setahu saya sebelum suharto jatuh..kelebihan beliau karena mau mendengar yang di bawah

16. sudah sering sy dengar nama beliau sebelumnya tapi gak pernah jumpa..nampaknya waktu itu memang tidak mudah.sampai suatu hari saya kaget

17. karena dalam ketegangan kita penampilan beliau santai, rileks, tajam, analitikal, luas dan senang kalau kita berikan tulisan/paper

18. cara kerja beliau betul-betul jauh dari persepsi orang tentang figur santri masa itu; rasional, terencana dan disiplin pada lembaga

19. kalau dikasi buku/paper, beliau baca dan digarisbawahi dan mendiskusikannya secara mendalam. Beliau belajar cepat

20. kepribadian terbuka semacam inilah yang disalahpahami oleh banyak orang dan melahirkan tuduhan macam2, termasuk intel, dll

21. kepribadian macam ini pulalah yang menyebabkan mudahnya beliau bekerjasama dengan banyak orang, menjahit jaringan perjuangan

22. saya berkesempatan mendampingi beliau berjumpa banyak jenis manusia, mulai utusan partai komunis china dan hugo chaves sampai pejabat US

23. juga mendampingi perjalanan ke luar negara..beliau sangat mudah beradaptasi…tidak ada kakunya dan terbiasa dengan suasana metropilis

24. ini juga bisa menjadi salah paham karena banyak yg ingin tetap melihat kyai itu gagap dan canggung. Mereka ingin kyai tetap kuno/kolot

25. ustdz Hilmi kalau diajak bicara soal apapun akan luas; sejarah atau dinamika kontemporer..jiwanya wirausaha..senang bongkar pasang mobil

26. kalau ke rumah beliau kita kaget karena selalu ada bengkel dan kalau ada yg jual mobil bekas dia bongkar diperbaiki dan dijual lagi

27. kesenangannya pada mesin mobil ini sering menjadi ilustrasi-nya dalam menerangkan kerja jamaah (organisasi) dan cara kerja da’wah

28. jadi, PKS tumbuh dengan persepsi kelembagaan dan operasional yang modern. Partai ini dibiasakan hidup dalam tradisi organisasi modern

29. para pendahulu partai ini, termasuk KH rahmat Abdullah selain membesarkan kadernya, tetapi membiasakannya tunduk pada kerja lembaga

30. anda boleh besar dan populer tetapi kewibawaan struktur jangan anda kurangi. Itulah tradisi yang diwariskan pimpinan PKS ini ke depan

31. dan seterusnya saya akan bicara soal pengaruh abduh, afghani dan albanna..(Bagus tweps nonton “sang pencerah” sebagai selingan

32. nanti kita akan temukan apa yang mempertemukan mereka dan bagaimana mereka memberi pengaruh kepada dunia Islam termasuk Indonesia..

33. kita juga bisa mulai dari al mawardi (abad 8M), al ghazali (9M) atau ibn tamiyah (11M) dalam bidang pemikiran politik.tapi dr abad 17M.

34. al afghani lahir tahun 1838M di afghanistan, mempelajari berbagai ilmu dan dalam usia 20 tahun sudah mulai terlibat dalam pemerintahan..

35. penguasaan ilmu-nya yang luas membuatnya diangkat menjadi penasehat penguasa afghan saat itu hingga menjadi PM dari Muhammad Azam Khan

36. tapi penjajah inggris yang sdh mulai campur tangan tidak suka dengan afghani yg menyebabkannya meninggalkan afghan menuju India th 1869

37. india juga sedang dikuasai inggris, tahun 1871 afghani tidak betah dan pindah ke mesir, sambil mulai meninggalkan politik

38. kegiatan intelektual afghani di Mesir berpengaruh luas tetapi ia akhirnya berpolitik & mempengaruhi berdirinya partai al hizb al watani

39. bahkan, dengan partai ini afghani mendorong penggulingan penguasa khedewi Ismail dan berkerjasama dgn putra mahkota tawfiq…

40. tapi, afghani diusir dari mesir th 1879 juga karena tekanan inggris pada penguasa baru itu…afghani akhirnya menuju paris.

41. sepuluh tahun di eropa, afghani mencatat keterlibatan yang luas dalam berbagai politik. Di paris dia juga bertemu abduh..

42. singkat cerita, afghani adalah tokoh yg paling berpengaruh, mungkin karena keterlibatnnya yang luas dalam politik islam

43. tahun 1889 afghani diundang oleh khalifah sultan hamid ii untum menjadi penasehatnya, afghani wafat di istanbul 1897…

44. afghani tidak sempat masuk abad 20 (kurang 3 tahun) tetapi mengaruhnya sangat menonjol pada para pembaharu setelahnya

45. sekarang lanjutkan sedikit ke tokoh2 lainnya dan nanti kita lihat pengaruh keseluruhannya pada dunia Islam termasuk kita

46. pertemuan itu merubah abduh dari kecendrungan sufi kepada kecendrungan haraki (pergerakan) dan dari kecendrungan sempit

47. ingat dialog ketika ketika KHADahlan pulang haji yang pertama? Ia membawa majalah “almanar” yang kelak diteruskan albanna..

48. itu salah satu inti dari pembaharuan afghani, abduh yang kelak diteruskan rasyid ridha dan al banna, melawan kejumudan umat

49. masa2 pembaharu ini diwarnai oleh ketertindasan ummat oleh kaum kolonial dan kebodohan yang luar biasa..rasionalitas meluas

50. kita belok sedikit kepada “sang pencerah”, apa yg mencemaskan para ulama kauman pada awalnya? Otoritas agama yg dilawan

51. pembaharuan abad 21 ditandai oleh kebangkitan internal ummat Islam di mana2 yg memiliki 2 sasaran; penjajah dan otodoksi

52. para pembaharu ini memang banyak yg tidak sepakat dengan cara melawan penjajah tapi soal pendidikan mereka sepakat

53. dlm “sang pencerah” skenario di dominasi oleh peristiwa internal ummat. KHAD banyak meluruskan TBC(taqlid bid’ah churafat)

54. kyai Dahlan digambarkan mengusulkan perubahan arah kiblat sebagai simbolisasi penggunaan pengetahuan dan menolak taqlid

55. Dahlan menuai tuduhan kafir dan mushollah tempat kiblat baru dimulai dirubuhkan oleh otoritas agama yang mapan

56. dahlan hampir menyerah dan meninggalkan kauman, merasa bahwa dia tidak mendapat dukungan setelah langgarnya dirobohkan

57. langgar kauman berdiri kembali dan da’wah tidak surut. Dahlan mundur dari jabatan katib masjid besar dan pergi haji lagi

58. dahlan mengajarkan kalimat kaum pembaharu “islam asing di mata kaum muslimin”, militansi menguat dan kematangan bertambah

59. tapi penampilannya berubah memakai baju priyayi jawa dan bergabung dengan budi oetomo..mengajar Islam di sekolah priyayi

60.budi oetomo lahir atas keprihatinan yang sama. Bedanya hanya mereka berjarak dengan suara kaum santri,dahlan menjembataninya

61. dahlah telah mencerahkan ummatnya tentang keterbelakangan berabad2 dan membangkitkan bangsa ini dari perasaan lemah.

62. dahlan membangunkan umat dari ketakutan akan kemajuan barat dan menuduh modernisasi sebagai kafir

63. kita nyaris kehilangan kepercayaan diri di tengah kemiskinan dan kebodohan ummat di hadapan kaum kolonial yang nampak hebat

64. dahlan mengajak membaca ali imron 104 (tentang perlunya kaumpembaharu) yang mengajak pada kebaikan dan mencegah yg mungkar

65. lahirlah sebuah gerakan pembaharuan yang fenomenal sejak 1912 diberi nama Muhammadiyah artinya “pengikut Muhammad”

66. tahun 1912 kira2 apa yang terjadi dengan abduh, ridha dan al banna pendiri ikhwan? Dan bagaimana dia mempengaruhi abad 20?

67. nantikan tweet berikutnya…istirahat sejenak…

68. mereka membentuk organisasi dan majalah bernama “al urwah al wustqa”. Tulisannya menentang imperialisme di dunia Islam

69. urwatul wutsqa juga berisi rancangan perjuaangan bahkan revolusi karena itu umurnya hanya 8 bulan (18 edisi). Barat takut.

70. sepulang ke mesir th 1889, Abduh dipercaya menjabat menjadi hakim dan akhirnya menjadi mufti negara sampai wafat th 1905.

71. rasyid ridha yg lahir th 1865 di Tripoli bertemu Abduh th 1882 di beirut. Pergumulan mereka melahirkan kesepakatan.

72. Rasyid Ridha yang sangat kagum pada abduh dan afghani menganggap penerbitan urwatul Wutsqa perlu diteruskan.

73. maka lahirlah “majalah al manar” yg copy-nya di bawa kyai Ahmad Dahlan sepulang haji pertama th 1888.

74. inti keyakinan Abduh pada pendahulunya adalah a) pembangunan Islam hanya bisa jika kembali kepada qur’an dan sunnah.

75. kedua b) kolonialisme harus dilawan di segala bidang dan c) mengakui kemajuan barat dalam bidang sains & teknologi.

76. maka, Hasan al Banna, pendiri al ikhwan al muslimin sangat terpengaruh kepada 3 serangkai (afghani, abduh dan ridha)

77. majalah dan tafsir “al manar” yang adalah masterpiece dari 3 tokoh pendahulu itu dibaca albanna dgn disiplin

78. al banna lahir di abad 20 (1906) dan jauh lebih muda dari KH ahmad dahlan (1868), meski keduanya membaca “almanar”.

79. karena itu sedikit banyak, apa yang terjadi pada KHAD juga terjadi pada al banna. Bedanya pada kecendrungan organisasinya.

80. ikhwan menginspirasi seluruh dunia Islam dalam gerakan pan Islamisme meneruskan khotbah afghani..

81. sementara itu, Muhammadiyah yang lahir 16 tahun lebih awal tidak memiliki beban Pan Islamisme..

82. itulah sebabnya Ikhwan sampai saat ini dianggap sama dengan Hizbut Tahrir yang mengkampanyekan kekhalifahan..

83. padahal para ulama Ikhwan itu beragam dan memilliki pemikiran yg dinamis, termasuk menganggap tidak ada konsep negara agama

84. Di Indonesia, di bawah rezim otoriter. Kaum muda memerlukan ide dan rumusan tentang perlawanan atas hegemoni negara

85. maka ide ikhwan lbh mudah mempengaruhi. Sistem usroh misalnya pernah dicoba di semua mesjid kampus yg besar.

86. bahkan ustadz hilmi menyampaikan kepada presiden SBY secara terbuka bagaimana usroh itu diadopsi dalam kaderisasi PKS

87. kalau ada pertanyaan, apakah PKS terpengaruh Ikhwan, maka kita mengatakan bahwa hampir tidak ada gerakan Islam yg tidak..

88. Dibandingkan Ikhwan, ustadz Hilmi lebih mungkin dituduh wahabi sebagaimana juga tuduhan kepada muhammadiyah..

89. karena beliau sekolah di saudi. Tetapi, semua orang sekolah di mekkah, termasuk pendiri NU & Muhammadiyah.

90. sebagai ilustrasi: KHAD & KH hasyim asyari (pendiri NU) memiliki guru tetap di makkah (syaikh ahmad khatib al minangkabawi)

91. ustadz hilmi sering katakan bahwa kita ini adalah kelanjutan dr semua pejuang yg pernah meletakkan batubata pada rumah masa depan kita

92. sekarang, apakah dia dipengaruhi oleh NII atau gerakan Islam lokal. Maka yang benar adalah beliau memberikan pengaruh

93. sejarah gerakan Islam vs pemerintah di negeri ini memang tidak pernah mulus betul. Pergesekan abadi.

94. sekarang tiba saatnya hentikan konflik ideologi & politik aliran dan memulai itikad bersama bangun negeri

95. jika melihat PKS, maka ustadzhilmi mengajak semua pihak bersatu. Koalisi dibuka dengan siapapun sesama anak bangsa.

96. konflik adlh warisan kolonial & pembodohan yg hasilnya mereka nikmati berabad2. Sudah saatnya kita hentikan.

97. ada 2 jenis konflik yg ditinggalkan para penjajah.Konflik ideologi & perbatasan. pertama PR internal dan yg kedua external

98. kita akan kehilangan tenaga jika kebebasan kita hari ini dipakai untuk saling usil. Demokrasi kita pakai cari makan aja

99. kita bangun kekuatan rakyat, kita perkuat etos kerja dan kewirausahaan sehingga negara jadi punya kekuatan

100. kita cukupin seratus. Kapan2 kita sambung.

Ngopi dari : www.asoesurga.blogspot.com

Share:

One Response

  1. membaca sejarah dengan berimbang memberika pemahaman yang utuh dalam mengambil sikap, bagus banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Sosial

Paling Populer

Dapatkan Info Terbaru

Mari Berlangganan Berita Mingguan Kami

Tidak ada spam, notifikasi hanya tentang berita terbaru, update.

Related Posts

Berita PKS Kota Malang

FIX, PKS Raih 7 Kursi

Malang (04/03), Rapat pleno KPU Kota Malang yang diadakan pada hari Ahad (03/03) sejak pagi berlangsung hingga Senin dini hari baru selesai. Proses pembacaan hasil

Baca selengkapnya...