Home » Berita Ngalam » RPH Kota Malang Dikunjungi Arif HS

RPH Kota Malang Dikunjungi Arif HS

arif hari setiawanKomisi B DPRD Jatim dipimpin wakil ketua komisi Arif Hari Setiawan senin lalu (20/02) meninjau RPH kota Malang. Sebagai provinsi dengan populasi ternak tertinggi di Indonesia khususnya sapi, Jatim perlu peraturan yang mengendalikan agar populasi sapi tersebut tetap terjaga. “Kunci dari keberlangsungan populasi sapi tersebut adalah kalau populasi sapi betina produktif juga terjaga. UU no. 18 tahun 2009 telah mengatur tentang larangan pemotongan sapi betina produktif. Kami di jawa timur juga ingin membuat perda turunan dari UU no. 18/2009 tersebut. Ujung tombak pelaksanaan peraturan ini adalah Rumah Potong Hewan di masing-masing daerah”, kata Arif yang juga ketua fraksi PKS Jatim.

Rombongan komisi B tersebut diterima oleh asisten I kota Malang Sugiarto dan direktur Perusda RPH Joko. Dari kunjungan ini, Komisi B Jatim mendapatkan penjelasan bahwa RPH kota Malang berhasil melakukan pencegahan terhadap pemotongan sapi betina produktif dengan pendekatan persuasif kepada para jagal (pemilik toko khusus daging). Pada kesempatan itu rombongan juga diajak berkeliling meninjau langsung instalasi rumah potong hewan beserta instalasi pengolahan akhir limbah (IPAL).

“RPH kota Malang merupakan RPH terbaik se-jatim. Walaupun merupakan peninggalan Belanda, tetapi masih terawat baik. Prosedur pemotongannya juga memperhatikan terhadap kehalalan, perlakuan kepada hewan, kebersihan sampai dengan pengolahan limbahnya. Insya Alloh kami akan usulkan untuk mendapatkan bantuan peralatan penunjang seperti cold storage dari Provinsi Jawa Timur”, imbuh Arif, arema yang alumni SMA 1 malang ini.

Di kesempatan terpisah ketika dikonfirmasi, sekretaris komisi B DPRD Kota Malang Bambang Triyoso mendukung pengembangan Perusda RPH kota Malang. “DPRD kota Malang bersama pemkot telah sepakat menganggarkan pengembangan RPH melalui APBD 2012“, ungkap Bambang Triyoso.

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Silaturahim Habib Salim ke Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang

Pujon (25 Maret 2019) – Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri didampingi oleh Ketua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.