Home » Berita Ngalam » Isa Anshori: ZIS Harus Transparan

Isa Anshori: ZIS Harus Transparan

isaAnshori PKS Isa Anshori, Anggota Komisi D DPRD Kota Malang meminta agar Bagian Kesra hati-hati mengelola Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) PNS Kota Malang. Pengelolaannya harus akuntabel dan transparan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sebab, dana ZIS dari PNS itu cukup besar.
Dana ZIS itu sesuai dengan Surat Edaran Walikota Malang No. 470/322/35.73.123/2011 tanggal 31 Maret 2011 tentang ZIS. Setiap PNS dikenai potongan 2,5 persen dari gaji. Sesuai hearing Kesra bersama Komisi D ternyata, dana yang terkumpul cukup besar.
“Dana yang terkumpul di ZIS dari PNS ternyata cukup besar yakni kurang lebih Rp 1,2 miliar lebih,“ ujar Isa. Pihaknya, memberikan apresiasi terhadap kesadaran para PNS utk menyalurkan infaq ataupun zakat profesi tersebut. Sehingga terkumpul dana untukk umat yang cukup besar.“Oleh karena kami minta kepada Pemkot dalam hal ini dibawah koordinasi Kesra untuk mengelola dana amanah ini dengan profesional, transparan dan akuntable,“ ujar Isa.
Apalagi, saat ini dana ZIS bisa disalurkan dengan sangat mudah. Menurut Isa, harus ada yang ditingkatkan, jika melihat hasil evaluasi Komisi D terhadap ZIS. Salah satunya terkait sosialisasi penggunaan dana ZIS. ”Perlu di tingkatkan lagi.Masih banyak masyarakat warga yang belum tahu tentang keberadaan ZIS,” imbuhnya.
Sementara disisi lain, menurut Isa, masih banyak warga yang sangat memerlukan sentuhan ZIS. Untuk tahun 2013 ini saja dalam pertengahan tahun sudah terkumpul dana ZIS Rp 700 juta lebih. Sehingga dana ini bisa menutupi kebutuhan masyarakat yang mungkn tidak bisa diakses melalui APBD.”Apa saja kebutuhannya, mulai beasiswa, santunan masyarakat miskin, anak yatim, bedah rumah dan masih banyak lagi,” tegas dia.(ary/nug-Malang Post)

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Data Masuk 90%, Ini Urutan Perolehan Kursi untuk DPR RI di Malang Raya

Malang, 24 April 2019 – Ketua Daerah Dakwah (DD) Malang Raya PKS Muhammad Chaerul K ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.